Penyuluhan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di SMA N 3 Padang

Penyuluhan Hak Kekayaan Intelektual "HKI"
    di SMA 3 PADANG

       Hak kekayaan intelektual, disingkat “HKI” atau akronim “HaKI”, yakni hak yang timbul untuk hasil pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.

       Hak yang timbul untuk hasil pikir otak yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya HKI adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia.


Secara garis besar HKI dibagi dalam 2 (dua) bagian, yaitu :
1.  Hak cipta (copyright) 

2.  Hak kekayaan industri (industrial propertyrights) , yang mencakup :
      •  Paten ( patent );
      •  Desain industri (industrial design) ;
      •  Merek ( trademark );
      •  Desain tata letak sirkuit terpadu ( layout design of integrated circuit );
      •  Rahasia dagang ( trade secret)      •  Penanggulangan praktik persaingan curang ( repression of unfair competition)      •  Perlindungan Varietas Tanaman ( plant variety protection ).

 HKI pada dasarnya dibangun dan diawasi langsung oleh Badan internasional yang mengurus masalah HKI adalah World Intellectual Property Organization (WIPO), atau badan khusus PBB, dan Indonesia termasuk salah satu anggotanya dengan diratifikasinya Paris Convention For the Protection of Industrial Property and Convention Establishing the World Intellectual Property Organization.

Pentingnya HKI dalam pembangunan ekonomi dan perdagangan telah memacu dimulainya era baru pembangunan ekonomi yang berdasrkan ilmu pengetahuan.
team dari balai PATP yang mengunjungi SMA 3 Padang sangat memberikan manfaat yang luar biasa pada siswa/i agar lebih termotivasi untuk mengeluarkan ide dan gagasan baru untuk membuat suatu inovasi yang luar biasa karena akan dlindungi oleh negara atau badan yang sudah ada di indonesia.

berikut foto exclusive acara penyuluhan balai PATP di SMA 3 Padang..






dan berikut penerima hadiah dari team HKI :








berikut pemberian cendramata dari balai PATP kepada Kepala Sekolah SMA N 3 Padang 
Dra. Monalisa M.Pd

penyuluhan yang sangat bermanfaat dari balai PATP membuat kami semakin termotivasi untuk menggagasi ide-ide baru yang akan dilindungi oleh badan yang bertanggung jawab melindungi ide-ide tersebut.



0 Komentar untuk "Penyuluhan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di SMA N 3 Padang"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top