Tips dan Serba serbi DIabetes Anak Muda | SUNARTA



   Akhir-akhir ini, di kota besar, Diabetes Mellitus mulai menjadi semacam ’wabah’ penyakit. Ini lebih karena perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan, terutama konsumsi makanan dan minuman. Tidak heran, sekarang Indonesia menjadi peringkat ke-6 negara dengan jumlah penderita Diabetes terbanyak. Diabetes Mellitus disebabkan oleh kerusakan sel beta pada pankreas sehingga jumlah insulin yang diproduksi berkurang. Hal tersebut menyebabkan gula darah melampaui normal.
Diabetes dipicu oleh berbagai faktor. Diantaranya adalah :
  1. Pola Makan dan Pola Hidup
    Nutrisi makanan yang berlebihan akan memicu timbulnya Diabetes. Nutrisi makanan yang berlebihan yang tidak diimbangi oleh produksi insulin menyebabkan gula darah akan meningkat, dan pada akhirnya akan menimbulkan Diabetes Mellitus. Selain itu, pola makan yang berlebihan akan memungkinkan seseorang menderita obesitas. Sembilan dari sepuluh orang gemuk terancam penyakit Diabetes Mellitus.
    Selain itu, jika seseorang kurang berolahraga, maka ancaman penyakit Diabetes tetap mengintai. Olahraga berfungsi untuk membakar kalori yang berlebihan dalam tubuh.

  2. Faktor Genetis
    Faktor keturunan bisa memicu terjadinya diabetes. Biasanya kaum laki-laki menjadi penderita sesungguhnya, sedangkan wanita hanyalah carrier yang membawa gen untuk diwariskan.

  3. Penyakit dan Infeksi
    Virus tertentu juga dapat memicu Diabetes. Beberapa jenis virus dapat merusak sel beta yang menyebabkan terjadinya diabetes. Virus penyebab Diabetes adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4.

  4. Bahan Kimia Beracun
    Selain itu, beberapa zat berbahaya dapat memicu timbulnya Diabetes. Bahan-bahan kimia tertentu dapat mengiritasi pankreas yang menyebabkan radang pankreas. Radang pada pankreas akan mengakibatkan fungsi pankreas menurun sehingga tidak ada sekresi hormon-hormon untuk proses metabolisme tubuh termasuk insulin.
Berdasarkan diabetes atlas Tahun 2009 diperkirakan akan ada 285 juta orang yang menderita penyakit ini. Angka ini diperkirakan akan meningkat lebih dari 50% dalam jangka waktu 20 tahun ke depan dan jika tidak diatasi sejak dini akan berdampak kurang baik.


GEJALA DIABETES MELLITUS
Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di bawah ini, maka Anda harus waspada. Anda harus segera memeriksakan gula darah Anda, dan merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat.
Gejala Diabetes Melitus, diantaranya :
  1. Sering buang air kecil (poliuria)
  2. Mudah lapar (polipagi) dan haus (polidipsi)
  3. Berat badan menurun tanpa sebab yang jelas
  4. Penglihatan Kabur
  5. Kulit terasa kering dan gatal
  6. Cepat lelah dan mengantuk
  7. Impoten
  8. Kesemutan
  9. Melahirkan bayi lebih dari 4 kg
Mencegah dan Mengobati Diabetes
Untuk mencegah dan mengobati Diabetes, maka prinsip pengelolaannya ada tiga, yaitu : Diet, Olahraga, dan Obat. Obat khusus diberikan kepada orang yang sudah menderita Diabetes.
Perencanaan Diet Diabetes meliputi beberapa kaidah, diantaranya :
  • Prinsip 3J : Tepat Jumlah, Jenis dan Jadwal
  • Makan sumber karbohidrat kompleks sesuai dengan anjuran, seperti : nasi, roti, singkong, mie, kentang, dll
  • Sumber karbohidrat yang dihindari / dibatasi : gula pasir, gula jawa, madu, sirup, selai, kue manis, coklat dan es krim
  • Sedikit gula untuk bumbu masih diperbolehkan. Anjuran konsumsi gula tidak lebih dari 3 – 4 sendok makan sehari
  • Konsumsi makanan yang tinggi serat
  • Makanlah sumber protein rendah lemak
  • Kurangi makanan yang digoreng
  • Hindari makanan tinggi kolesterol
  • Batasi konsumsi natrium/garam. Anjurannya tidak lebih dari 6 – 7 (1 sdt) gram / hari
  • Batasi penggunaan vetsin, telur asin, ikan asin dan makanan kaleng yang diproses dengan garam tinggi maupun gula tinggi
Jangan pernah menunggu penyakit datang. Segeralah bertindak menjaga kesehatan demi kebahagiaan Anda dan keluarga. Ubah pola makan dan pola hidup Anda, kurangilah makan berlebihan dan perbanyak olahraga. Jika Anda kesulitan menentukan menu yang sesuai untuk diet Diabetes, kami siap memberikan solusi kepada Anda. Ahli gizi kami siap melayani konsultasi untuk mengatur menu makanan yang paling sesuai.


Semoga Bermanfaat untuk semua Salam saya YUDHA SUNARTA SUIR
Tag : KESEHATAN
0 Komentar untuk "Tips dan Serba serbi DIabetes Anak Muda | SUNARTA"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top