Apa itu Aransemen Musik & Teknik Aransemen Musik ? Part 1


 Selamat Malam Tatungkuik Fever, Kali ini saya share mengenai cara dan teknik Aransemen Lagu, baik itu POP, JAZZ, ROCK, R&B dll. baiklah kita mulai dengan pertama yaitu :
1. Apa Aransemen Musik itu ?

aransemen musik
     Aransemen adalah suatu teknik / cara untuk mengubah suatu lagu tanpa mengubah inti dari lagu itu. Jadi bisa saja, misalkan lagu “Dansa Yok Dansa” yang tadinya cepet, dibikin tapi lambat, tapi kita masi mengenalinya sebagai “Dansa Yok Dansa”, bukan ?

Aransemen juga bisa saja penambahan lirik dan pengurangan lirik. Contohnya adalah “Too Sweet To Forget” dari Slank, padahal judul Indonesianya artinya adalah “Terlalu manis”. Tetapi kayak apa sih Aransemen lagu itu Check This Out...

2. Apa itu Perubahan Ritme ?

penambahan ritme
Apa itu ritme ? Adalah pola yang saya maksudkan dari ritme ini, yang paling gampang dari teknik ini adalah pengubahan lagu Pop ke Dangdut, anda pasti mengerti yang saya maksudkan sekarang, misalkan lagu “Suara” dari Hijau Daun didangdutin, sebenarnya meskipun hanya sederhana sebenarnya kita sudah mengaransemen lagu itu.

Yang lebih susah lagi dari ini, dari lagu “Rock” ke “Jazz”, wuh… sangat susah sekali.

3. Apa itu Penambahan Nada ?

penambahan nada
Salah satu cara yang cukup mudah, ya itu menambah – nambah sendiri nadanya, misalkan diantara 2 nada, tak ada nada “F” atau semacamnya, bisa ditambahkan. Ini juga bisa disebut sebagai Improvisasi.

Aransemen = Improvisasi

4. Penambahan Lirik 

penambahan lirik
Yang ini tak perlu saya jelaskan, hanya menambah lirik saja.

5. Apa itu Overtune dan Lower Tune ?

lower tune dan overtune
Menaikkan tinggi dan rendahnya nada, misalkan dari Do = C, ke Do = D, atau ke Do = B, cara ini yang paling mantap, dan kadang – kadang saya pake juga, kalau di lagu yang mengalami Overtune atau sebaliknya.

6. Apa itu Penambahan Tempo ?

Penambahan Tempo
Biasanya untuk musik yang agak sedikit berbau teknologi / OST film – film aksi, seperti OST Mission Impossible, dll.


LANJUT KE TEKNIK ARANSEMEN BERIKUTNYA
0 Komentar untuk "Apa itu Aransemen Musik & Teknik Aransemen Musik ? Part 1"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top