Berikut Adalah Dasar Aransemen Musik Part 2

Tulisan ini Part dua dari Tulisan sebelumnya. dsini kita membahas Dasar-Dasar dari Aransemen Musik.


Pertama adalah intro.
     Awal lagu. Tujuan dari intro adalah untuk memberikan pendengar ide tentang seperti apa lagu itu istilahnya karakter dari lagu tersebut.

Kedua adalah pengait.
     Meskipun bisa menjadi intro lagu, tidak perlu. Ini adalah bagian dari lagu yang bisa menempel di kepala orang. Satu lagi gigitan debu oleh Queen, dan Uang oleh Pink Floyd adalah contoh utama pengait.
Dun.Dun.Duh.dun-duh-dun-duh-di-duh, dan Dun.dun-ti-duh.dun.dun.dun.duh.dunt.
istilahnya antar bait cocok dah.

Ketiga ayat tersebut.
     Kebanyakan lagu dengan vokal memiliki minimal satu ayat, namun tidak ada aturan yang harus dipatuhi. Ayat ini di mana sebagian besar gabungan lagu mulai cob5a didengarkan bernyanyi berlangsung.

Keempat adalah Chorus tersebut.
     Sekarang paduan suara adalah bagian dari lagu yang akan diulang setelah setiap ayat, tapi tidak semua lagu memiliki paduan suara. Dalam kasus lain gigitan debu, yaitu paduan suara. musik Pop memiliki penekanan yang lebih besar pada nada suara karena yang cenderung lebih enak didengarkan dan cenderung santai. Musik pop bisa memudahkan seseorang untuk mempelajari suatu aransemen

Kelima adalah Jembatan.
      Jembatan adalah bagian dari sebuah lagu yang bagian lain yang terpisah dari lagu tersebut. Seringkali pengulangan intro, dan / atau kail, atau variasi di atasnya.

ilustrasi aransemen musik
Keenam adalah solo.
     ini adalah di mana instrumen salah satu genre musik (Pop digabung dengan rock) tetapi gaya rocknya lebih mendominasi pada suatu karya aransemen musik. Sering menggunakan variasi, semakin lama semakin kompleks pada intro dan hook.

Ketujuh adalah pengelompokan.
     Maksud pengelompokkan disini adalah dengarkan lagu favorit anda dan pikirkan dari lagu tersebut genre musik mana aja yang cocok atau sesuai dengan keinginan kita untuk mengaransemen suatu musik. ciri khas suatu pengaransemen musik terlihat dari langkah yang ini sehingga fokuslah untuk memilih musik atau fokus untuk melakukannya.

Kedelapan adalah hasil akhir dari semua yang disebutkan di atas.
     Di mana Anda sudah menghasilkan suatu karya aransemen musik yang membutuhkan waktu tidak sedikit istilahnya ini loh aransemen musik kita.

Terakhir adalah fade out.
     Akhir sebenarnya lagu. Ini bisa menjadi inti sebenarnya dari suatu lagu aransemen. Sebuah lirik yang kuat dari lagu diulang sampai memudar. Sepotong instrumental, dan sering hanya bermain sampai hook fades.

Sekian dari TATUNGKUIK Terimakasih Semoga bermanfaat :)

0 Komentar untuk "Berikut Adalah Dasar Aransemen Musik Part 2"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top