Inilah Alasan Mengapa Kaki gatal Ketika Jogging


 Jogging merupakan kegiatan yang positif dan menyehatkan. Namun ada sebagian orang yang mengalami rasa gatal ketika berjogging. Sensasi rasa gatal ini terkadang terasa amat buruk sehingga memaksa anda berhenti berlari. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan mengesalkan. Tapi jangan lantas menyerah dan tidak mau jogging lagi gara-gara hal ini. Oke, langsung saja kita bahas masalah ini dan cara menanggulanginya.



Jogging dan lari Salah satu penyebab kaki gatal ketika anda berlari adalah suatu kondisi yang disebut urtikaria. urtikaria adalah suatu kondisi yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda seperti gatal-gatal. Ini dapat diperburuk oleh gesekan atau iritasi kulit, seperti yang dialami selama latihan. Pada kondisi ini, kulit Anda akan terasa gatal serta terlihat merah dan benjol. Jika urtikaria anda hanya terjadi ketika Anda berjalan di cuaca dingin, Anda mungkin memiliki urtikaria dingin, yaitu alergi terhadap dingin.

yudhasunartasuir.com 
Kaki gatal saat berlari mungkin juga merupakan gejala dari masalah sirkulasi. Jika Anda tidak melakukan latihan ataupun jogging dalam waktu yang lama, tubuh Anda mungkin tidak terbiasa dengan hal itu dan mengalami kesulitan memompa darah ke kaki dan tangan karena kapiler cenderung mengempis sehingga darah yang terpompa hanya sedikit. Nah, perluasan kapiler tersebut menyebabkan saraf yang berdekatan untuk mengirimkan impuls ke otak, yang kemudian membaca sensasi tersebut sebagai rasa gatal. Masalah ini dapat hilang setelah beberapa kali sesi latihan rutin.


Jika Anda memiliki Urtikaria atau alergi terhadap olahraga atau cuaca dingin, Anda dapat mencegah gejala gatal dengan melakukan perenggangan dan pemanasan otot yang cukup sebelum dan setelah berjogging. Kenakan pakaian yang nyaman dan pastikan Anda merasa hangat jika cuaca dingin merupakan penyebab gatal Anda.

Jadi, bagi Anda yang sering mengalami gatal-gatal pada kaki ketika lari pagi atau latihan,tidak perlu khawatir lagi. Selamat berlatih dan tetap awetnom!

Tag : KESEHATAN
13 Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Kaki gatal Ketika Jogging"

Itu saya alamin terasa gtal skali sampai paha.memaksa saya berhenti lari sejenak

iya gan itulah penyebabnya kenapa

Klo diteruskan ada bahayanya gak ?

base on my eperienced, itu bagus kalau diteruskan karena gatal itu akan hilang. karena biasanya gatal itu dirasakan ketika seseorang jarang olahrga atau dulunya olahraga terus berhenti lalu olahraga secara tiba tiba. terjadilah gatal itu hiii

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Kalau saya pas lari rasa gatal itu di seluruh tubuh itu kenapa ya?

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top