PENTING !!! Agar Piringan Cakram Motor Tidak Pecah buat Bikers


Selama Malam malam ini khusus buat Pengendara Motor/Biker silahkan kita simak beberapa ulasan Agar para bikers, selamat di dalam perjalan jauh. Apa lagi sekarang mau lebaran. Pasti banyak pengguna motor. mau pulang kampung/mudik menggunakan motor nya.

Wajib Baca ini Para Bikers !!!

Piringan rem cakram biasanya sangat kuat, masalah yang sering ditemui mungkin adalah piringan yang tidak rata atau bengkok gara-gara suka dikunci gembok cakramnya.

Sadar tidak sadar, banyak pengendara roda dua yang kerap menyepelekan kondisi sistem pengereman. Bahkan banyak pengendara yang hanya memperhatikan kondisi kampas rem, tanpa memperhatikan kondisi piringan cakram.

Hasilnya, banyak kita temui piringan cakram yang mulai baret-baret, tidak berfungsi dengan baik karena tidak rata, bahkan ada piringan cakram yang pecah. Lalu langkah apa yang harus diambil, agar kondisi piringan cakram kita tetap prima.

"Sebenarnya sangat mudah untuk menjaga kondisi sistem pengereman, tapi banyak pengendara yang menyepelekannya,"

Cakram Motor Pecah

Ada beberapa langkah untuk menjaga cakram tetap sempurna :

1. Pemakaian kampas rem harus rutin cek. Kalau sudah tipis tidak usah ditunggu-tunggu lagi, lebih baik langsung diganti. Karena ada batasnya, tapi banyak yang menyepelekan hal tersebut. Padahal ini sangat penting karena ini peralatan safety.

2. Di saat musim hujan atau di saat perpindahan musim (dari kemarau ke hujan-Red). Lakukanlah pembersihan secara rutin, karena debu atau batu kerikil bisa dengan mudah masuk ke dalam piringan cakram atau kaliper rem, karena ini bisa menyebabkan karat yang membuat rem menjadi macet.

3. Pastikan setiap komponen yang berada di dalam kaliper rem itu diberi pelumas/grease/gemuk yang tahan terhadap suhu tinggi.

Cakram Motor Pecah

4. Baik rem atau piringan cakram yang telah dipakai hingga 20.000 km, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara total. Jangan setelah ada masalah baru dibongkar.

5. Piringan cakram diperiksa kurang lebih 2-3 tahun pemakaian. Kalau terlalu tipis ini tidak akan berfungsi dengan baik.



6. Pakai suku cadang aslinya, karena menggunakan suku cadang asli dijamin kualitasnya, dan konsumen akan mendapatkan garansi sparepartnya. 
Semoga Bermanfaat :)

Yudha Sunarta Suir
Tag : INFORMASI
0 Komentar untuk "PENTING !!! Agar Piringan Cakram Motor Tidak Pecah buat Bikers"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top