Serunya belanja di Pasar Raya Kota Solok



    Selamat siang blogges..  saya ingin cerita sedikit mengenai seru nya berbelanja sayuraan.buah buahan dan keperluan pangan dapur lainya.

Tentu kita bertanya apa yang seru dari pasar raya kota solok ini ? Jawabanya singkat. Bersih,rapi, terkelola dan Pedagang nya JUJUR semua (yang saya temui).

  Bersih ? Kita tidak bisa pungkiri keadaan pasar raya solok memang bersih mungkin karena letaknya di jantung kota solok sendiri. Geografis pasarnya mebdukung dan mudah dijangkau.

  Rapi ? Ya!! Setiap kategori dari sandang dan pangan yang dijual di pasar raya kota solok ini punya kategory nya. Khusus untuk buah buahan di Plot A. Daging daging di Plot B dan Sandang di Plot C.
( plot A,B,C saya kategorikan bersasarkan letak gedung)

  Terkelola ? Benar. Apabila tidak terkelola maka tentu kerapian tidak ada. Benar bukan ? Logis mulai berjalan hehe..

Dan yang terakhir para pedagang di pasar raya kota solok ini JUJUR. Ex: saya beli advokat di pedagang A. Saya tanya berapa iko nek ? ( bahasa indonesianya berapa ini nek?) Lalu si nenek memtong langsung bilang "advokatnya untuk besok matangnya. Kalau skrang tidak enak" lalu saya tunjuk yang di pajang di depan nenek yang advokatnya nampak segar dan padat, tetapi neneknya bilang "yang iko ndak elok do cuman rancak di dilua" yang artinya bahwa advokat itu tidak bagus isi didalamnya cuman bagus diluar saja. Saya heran lalu saya tanya jadi yang bagus yang mana nek ? Si nenek jawab " yang iko ha" artinya yang ini. Lalu saya suruh si nenek suruh belah pakai pisau dan ternya benar ! She was really Honestly !! Advokat itu segar dan padat. Akhirnya saya beli.

Lalu di pedagang B.. saya beli daging sama nyokap. Ternyata pedagang B mengatakan " iko dagiang kapatang ndak terlalu lamak bana lai da, alah agak pucek" artinya itu bahwa daging itu udah pucat dan kurang bagus karena daging itu daging kemarin. Yasudah saya bilang " kok tetap dijual ?" Si pedagang jawab " adoh urang nan suko dagiang sarupo iko" artinya ada orang orang yg suka daging kemarin. Jadi ada target kenapa daging kemarin tetap dijual. Ya saya kaget karena masih ada pedagang pedagang yang seperti ini.

Itu segelintir kisah kecil di pasar raya kota solok yang berada di jantung kota solok Sumatera Barat. Anda yang tidak percaya silahkan Try sendiri ke Lokasi. Hehe
Sampai jumpa ambil sisi positifnya :) selamat siang blogges.
                                            Yudha sunarta suir
Tag : INFORMASI, STORY
0 Komentar untuk "Serunya belanja di Pasar Raya Kota Solok"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top