HOT NEWS - Inggris Resmi Keluar dari Uni Eropa


yudhasunartasuir.com
YSH-   Dalam referendum bersejarah untuk menentukan nasib Inggris di Uni Eropa, puluhan juta warga Inggris telah menentukan pilihan mereka. Mayoritas warga Inggris memilih untuk keluar dari Uni Eropa.


"Biasanya hal-hal ini datang dalam tiga tahap: 1. Krisis, 2. Kekacauan, 3. Solusi sub-optimal. Tidak tahu sedang di mana kita saat ini," pernyataan ini dilontarkan oleh PM Irlandia.

Sejauh ini kubu yang memilih keluar dari Uni Eropa mengungguli mereka yang ingin tetap di dalam Uni Eropa. Media-media nasional Inggris pun telah menyimpulkan hasil akhir referendum adalah Inggris keluar dari Uni Eropa.

     Pemungutan suara telah selesai digelar di 380 wilayah yang ada di seluruh Inggris, Wales dan Skotlandia. Ditambah dua wilayah yang ada di Irlandia Utara dan juga Gibraltar yang terletak di pantai selatan Spanyol. Dengan demikian, total ada 382 area pemungutan suara, yang masing-masing mengumumkan hasilnya secara bertahap.

    Hasil akhir referendum ini akan diumumkan Manchester Town Hall, Inggris bagian utara, hanya jika 382 wilayah itu telah mengumumkan hasil secara resmi. Diperkirakan hasil akhir bisa diketahui pada Jumat (24/6) pagi waktu Inggris. Jakarta terpaut perbedaan waktu 6 jam lebih cepat dari London, Inggris.

     Penghitungan akhir media Inggris, SkyNews, menunjukkan 51,9 persen atau 17.410.742 pemilih Inggris ingin keluar dari Uni Eropa. Sedangkan 48,1 persen atau 16.141.241 pemilih ingin tetap bergabung Uni Eropa. Jumlah itu didasarkan pada hasil seluruh 382 area pemilihan yang sudah dihitung, sejak pemungutan suara digelar Kamis (23/6). Sebanyak 382 area itu termasuk Inggris, Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Gibraltar.

    Inggris sendiri bergabung dengan Uni Eropa sejak tahun 1973 silam. Namun pada praktiknya, banyak yang merasakan manfaat Uni Eropa tidak banyak bagi Inggris dan Uni Eropa malah dianggap membebani Inggris. Referendum semacam ini pernah digelar pada tahun 1975 dan hasilnya memutuskan Inggris tetap di Uni Eropa.

     Dengan begitu, Mata Uang Inggris yaitu Poundsterling sempat menyentuh $1.3305 atau turun 10%, terlemah sejak tahun 1985. Sebelum hasil pemilihan suara dihitung, Pound sempat naik hingga $1.50 karena pasar percaya Inggris akan tetap di Uni Eropa.
Namun, saat suara mendukung Inggris keluar dari Uni Eropa naik di wilayah timur laut Inggris, Pound langsung turun ke $1.43 dan kemudian terjun lebih dalam saat suara untuk keluar memimpin perolehan suara.

     Seperti dilansir CNN, Jumat (24/6/2016), momen keluarnya Inggris dari Uni Eropa ini menjadi momen bersejarah. CNN menyebut, Inggris tercatat sebagai negara anggota pertama yang keluar blok 28 negara ini, sepanjang sejarah berdirinya Uni Eropa selama 60 tahun terakhir. 
0 Komentar untuk "HOT NEWS - Inggris Resmi Keluar dari Uni Eropa"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top