Serba-serbi Hukum Internasional


     Bahasan tentang Hukum Internasional seakan-akan tak pernah habis untuk dibahas. Hal ini pun menjadi bagian yang cukup menarik untuk sebagian orang. Terlebih pada masa kini topik ini menjadi satu hal yang sering dibahas. Kita bahkan juga sering mengetahui berita tentang topik serupa yang sering diangkat dan menjadi suatu isu menarik dan up to date.

     Kita bisa mengetahui bahwa Hukum Internasional ialah kumpulan hukum yang sebagian besar terdiri dari sejumlah peraturan dan prinsip yang mengatur perilaku dan harus ditaati oleh semua negara. Maka dari itu, hukum ini pun harus ditaati dalam suatu hubungan dengan negara lain.

Adapun 2 golongan hukum ini bila dilihat dari jenis persoalan yang dibahas seperti ini:

  1. Hukum Perdata Internasional, yaitu keseluruhan asas dan peraturan hukum mengenai segala persoalan perdata antar warga negara yang melintasi suatu batas negara.
  2. Hukum antar negara atau publik Internasional yang merupakan hukum mengenai segala persoalan yang melintasi batas negara dan tak bersifat perdata. Contohnya seperti batas wilayah negara, pengiriman duta, dan sebagainya.


     Selain itu, ada juga di dalam arti modern, ada 2 golongan dari Hukum Internasional. Hal yang satu ini pun tak kalah penting untuk dibahas, sebab kita akan sering mengetahui adanya suatu fenomena tentang golongan tersebut, baik di negara sendiri maupun negara lain yang juga diangkat di dalam suatu fenomena.

Kedua golongan tersebut antara lain sebagai berikut ini:

  1. Hukum tertulis, yang merupakan Hukum Internasional berupa perjanjian antar negara yang dicantumkan dalam bentuk tertulis atau bisa juga kita sebut dengan istilah International Agreement Inwritter Form.
  2. Hukum tak tertulis yang merupakan Hukum Internasional antar negara beserta subjek hukum lain yang dicantumkan dalam bentuk tak tertulis. Contohnya seperti pernyataan dari George Pompidow, Presiden Perancis pada masyarakat dunia untuk tak mengulang suatu percobaan bom nuklir.
     Beberapa hal penting tentang Hukum Internasional seperti di atas bisa menjadi suatu gambaran untuk kita agar lebih mudah dalam memahami dan mengklasifikasikannya. Oleh karena itu, pastikan kita memahaminya agar tak salah mempersepsikan topik serupa pada saat mengetahui fenomenanya.


META

Judul                     : Serba-serbi Hukum Internasional

Deskripsi              : Mengetahui beberapa hal tentang hukum internasional akan membantu kita dalam memahami dan mengkasifikasikannya dalam fenomena keseharian. Berikut ini ulasannya.

Kata kunci            : Hukum internasional

0 Komentar untuk "Serba-serbi Hukum Internasional"

Budayakan Komentar dan Saran yang baik :)

Back To Top